Kamis, 02 Juni 2016

Hans Christian Andersen

Hans Christian Andersen adalah penulis dan penyair dari Denmark . Popularitas Andersen tidak terbatas pada anak-anak, cerita mengungkapkan tema yang melampaui usia dan kebangsaan.

Dongeng Andersen, yang telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 125 bahasa, telah menjadi budaya tertanam dalam kesadaran kolektif Barat, mudah diakses anak-anak, tetapi menyajikan pelajaran kebajikan dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan untuk pembaca dewasa juga. Mereka telah menginspirasi film, drama, balet, dan film animasi.


MASA KECIL HANS

Andersen lahir di kota Odense, Denmark, pada Selasa, April 2, 1805. Dia adalah anak tunggal. Ayah Andersen (panggilan Hans Christian Andersen) adalah tukang sepatu rendahan, ia sering diejek teman-temannya sebagai anak tukang sepatu dan anak miskin. Oleh karena itu ia sering tidak punya teman karena teman-temannya menjauhinya.

Andersen sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku. Walaupun ayahnya hanya tukang sepatu, tetapi ayah Andersen, yang telah menerima pendidikan dasar, memperkenalkan Andersen dengan sastra. Dari situ ayahnya sering membacakan puisi kepada Andersen yang masih kecil. Dengan jari jemarinya yang terampil, ayah Andersen mengajarinya membuat berbagai mainan dan boneka.

Andersen sering mengkhayalkan sesuatu ketika ia selesai membaca buku. Ia membenamkan diri dalam dunia khayalannya. Ia sering membuat boneka, bersandiwara dan bercerita. Ia benar-benar asyik dengan dunianya. Begitulah anak kesepian ini menghabiskan waktunya.



KARIR SEPANJANG HIDUPNYA



Sebuah dongeng yang sangat awal oleh Andersen yang berjudul The Tallow Candle ditemukan dalam arsip Denmark pada Oktober 2012. Kisah, yang ditulis tahun 1820-an itu, adalah tentang lilin yang tidak merasa dihargai. Ini ditulis saat ia masih di sekolah dan didedikasikan untuk seorang dermawan, dalam kepemilikan yang keluarga itu tetap sampai muncul di antara kertas keluarga lainnya dalam koper di arsip lokal.

Pada tahun 1829, Andersen menikmati kesuksesan besar dengan sebuah cerita pendek berjudul Perjalanan di Kaki dari Canal Holmen untuk Point Timur Amager. Dalam buku tersebut, protagonis memenuhi karakter mulai dari Saint Peter dengan kucing berbicara.

Dia mengikuti keberhasilan ini dengan sepotong teater, Cinta di St Nicholas Church Tower dan volume pendek puisi. Meskipun ia membuat sedikit kemajuan menulis dan menerbitkan segera sesudahnya, pada tahun 1833 ia menerima hibah perjalanan kecil dari Raja, yang memungkinkan dia untuk berangkat pada yang pertama dari banyak perjalanan melalui Eropa.

Pada Jura, dekat Le Locle, Swiss, ia menulis cerita, Agnete dan Merman. Ia menghabiskan malam di desa pantai Italia Sestri Levante tahun yang sama, inspirasi nama, The Bay of Fables. Pada bulan Oktober 1834, ia tiba di Roma. Perjalanan Andersen di Italia akan tercermin dalam novel pertamanya, sebuah otobiografi berjudul The Improvisatore yang diterbitkan pada tahun 1835, menerima pengakuan instan.



KARYA-KARYA ANDERSON

The Little Match Girl, The Emperor’s New Clothes, The Ugly Duckling, The Little Mermaid adalah dongeng yang telah dihasilakn Andersen dan menjadi karya sepanjang masa. Sampai saat ini karya-karyanya yang berupa animasi masih sering diputar saat libur sekolah tiba.

Hans Christian Andersen Telah Menjadi ahli dongeng yang dihormati di seluruh dunia. Ia berhasil mewujudkan mimpinya. Menjadi aktor besar dan juga legenda hingga sekarang.

Hans Christian Andersen tutup usia pada tanggal 4 Agustus 1975. Ia meninggal dengan tenang dan meninggalkan karya besar yang hidup di hati anak-anak hingga sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design