Kamis, 02 Juni 2016

Grimm Bersaudara

Nah kalau kalian sadari, banyak sekali dongeng-dongeng yang aku posting dengan Grimm bersaudara (Grimm Brothers) sebagai penulisnya. Walaupun mereka sangat terkenal tapi aku yakin dari kalian pasti masih ada yang tidak tahu siapa Grimm Brothers itu. Jadi di postingan kali ini aku bakal bahas tentang siapa sih mereka.

========================================================================

Grimm Bersaudara (Grimm Brothers) merupakan kakak-beradik Jakob Grimm dan Wilhelm Carl Grimm. Mereka ialah dua orang akademik berkebangsa Jerman yang telah menerbitkan kumpulan cerita rakyat dan dongeng. Hasil kerja mereka dalam bidang linguistik, berkaitan dengan bagaimana bunyi-bunyi dalam kata-kata berubah dalam peralihan zaman (Hukum Grimm). Mereka dapat dikatakan sebagai pengarang novella paling masyhur dari Eropa.

Grimm Bersaudara, Jacob (1785-1863) lahir pada 4 January 1785 dan Wilhelm Karl (1786-1859) lahir pada 24 Februari 1786, kedua-duanya lahir di Hanau, salah satu kota di Jerman. Keduanya mengambil kuliah hukum di University of Marburg.

Pada tahun 1808, Jacob diberi gelar 'Court Librarian to the King of Westphalia' dan tahun 1816 bekerja di perpustakaan di Kassel (salah satu kota di Jerman), Wilhelm juga bekerja disana. Mereka tetap tinggal di sana hingga 1830, sampai mereka mendapatkan posisi yang lebih baik di 'University of Göttingen'.

Mereka berdua bekerjasama untuk membuat karangan-karangan indah. Dalam hal ini Jacob melakukan lebih banyak riset dan penelitian sedangkan Wilhelm yang lebih lemah, menyusun kata-kata dan menyajikan cerita tersebut dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

Mereka juga tertarik pada cerita rakyak dan literatur tua, dan antara tahun 1816 dan 1818 mereka mempublikasikan 2 volume dari legenda rakyat jerman dan juga sebuah volume dari literatur sejarah. Banyak karya Grimm bersaudara yang juga telah diangkat sebagai film kartun oleh Disney.

Grimm bersaudara mempublikasikan volume pertama dari cerita dongeng, Tales of Children and the Home (Cerita tentang anak dan rumah), pada tahun 1812. Mereka mendapatkan cerita-cerita tersebut dari para petani dan penduduk kampung.

Beberapa dongengnya yang terkenal adalah “Putri Briar Rose”, versi asli dongeng Sleeping Beauty, “Rapunzel” si gadis berambut panjang, “Ashputtel” yang lebih dikenal dengan kisah Cinderella, “Tetesan Salju” yang diadaptasi menjadi Snow White, Si Topi Merah, Hansel dan Gretel, serta Rumpelstiltskin.

Bila dicermati lagi, dalam melakukan dan penulisan dongeng, Grimm bersaudara memiliki caranya sendiri. Berbeda dengan penulis lainnya, mereka lebih sering melakukan teknik penulisan yang cenderung absurd, konyol, dan gory alias sadis. Sehingga terkadang tidak jelas apa pesan moral yang diberikan dalam kisah-kisah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design