Kamis, 02 Juni 2016

AESOP (Pendongeng Fabel)

Banyak sekali pendongeng dunia yang karyanya sangat terkenal, namun berbanding terbalik dengan penciptanya. Salah satunya adalah Aesop, pendongeng asal Yunani. Tak banyak yang mengenal Aesop, bahkan kematiannya pun masih menjadi misteri.
Sebelumnya, aku sudah bahas tentang Grimm bersaudara dan beberapa karyanya. Sekarang giliran Aesop, pendongeng asal Yunani yang telah menciptakan dongeng-dongeng legendaris namun nyatanya masih banyak yang tidak mengenalnya.
Aesop terkenal dengan fabelnya, cerita pendek yang memberi pelajaran tentang kehidupan. Banyak Fabel Aesop menokohkan binatang yang dapat berbicara dan bertingkah laku seperti manusia. Tidak banyak yang diketahui tentang Aesop. Diperkirakan dia lahir di Asia tahun 620 SM.
Dulu ada seorang Yunani kaya bernama Iadmon membeli Aesop dan menjadikannya budak rumah tangga. Aesop jelek, pincang, dan hitam. Karena kulit hitamnya, orang Yunani memanggilnya Ethiop, atau Aesop, karena mereka percaya bahwa semua orang berkulit hitam berasal dari negara Afrika Ethiopia.
Aesop tidak berpendidikan, tapi dia tahu banyak tentang orang-orang dan cara mereka berperilaku. Ketika berada di rumah Iadmon, dia memiliki kesempatan untuk melihat dan mendengar tentang orang-orang penting dari masyarakat dan politik Yunani. Segera Aesop mulai menceritakan kisah indah tentang hewan yang berbicara dan berperilaku seperti orang-orang Yunani. Kadang-kadang cerita ini lucu, seringkali juga mengandung komentar pahit tentang kehidupan orang Yunani.
Iadmon menyukai cerita yang dibawakan Aesop. Dia mulai mengajaknya ke rumah orang-orang penting lainnya di mana Aesop bercerita tentang hewan baru, selalu dengan nilai moral yang di akhir. Ketenaran Aesop menyebar, dan pada waktu itu Iadmon membebaskannya. Aesop menghabiskan sebagian besar hidupnya pergi dari satu rumah orang kaya ke rumah orang kaya lain, menceritakan kisah pada perjamuan dan pertemuan besar orang-orang penting Yunani.
Fabel-fabelnya kemudian ditulis dan dikumpulkan sekitar tahun 300 SM. Fabel Aesop yang terkenal di antaranya "Rubah dan Anggur" dan "Serigala Berbulu Domba."

0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design