Kamis, 19 Mei 2016

Pinokio


Anak kayu itu pertama kali diperkenalkan pada 7 Juli 1881 dalam bentuk serial dengan judul cerita un burattino La Storia (Story of a Marionette). Cerita ini sangat populer di kalangan pembaca majalah anak-anak Italia hingga dua tahun kemudian diterbitkan dalam bentuk buku. Ketika itu muncul dalam bentuk buku, Carlo Collodi Pinocchio mengubah judul untuk petualangan. Sejak itu, novel ini diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan dikutip dalam bentuk teater, animasi, dan film.Seorang ahli komputer, Alessandro Vegni membandingkan cerita dengan peta sejarah yang dibuat pada saat Pinokio. Bahkan, cerita ini ternyata terinspirasi dari sebuah desa yang terletak di daerah antara Pisa dan Florence (Italia). Desa itu dinamai San Miniato Basso yang juga memiliki nama asli, Pinocchio (nama sebuah sungai di desa). Penduduk asli dijuluki Pinocchi atau Pinocchini. Kebetulan, ayah dari penulis boneka ini adalah koki terkenal yang tinggal di daerah.
Alessandro Vegni yakin banyak karakter dari cerita Pinocchio terinspirasi dari San Miniato Basso. Di desa, ada Casa il Grillo atau jangkrik rumah. Bangunan ini dianggap sebagai inspirasi karakter Jimmy Cricket yang dapat berbicara. Ingat kucing dan karakter rubah yang menculik Pinocchio? Rupanya, karakter berasal dari nama Rio Delle Volpi (Fox River) bahwa ada dua rumah di dekatnya dijuluki Rigatti (Rumah Kucing-Kucing). Di dekatnya, ada sebuah desa bernama La Lisca yang berarti Fish Bone. Vegni inspriasi menduga ini menjadi kisah Pinokio ditelan ikan paus.
Namun, ada studi lain dari Asosiasi Pinokio tentang fakta-fakta. Menurut mereka, cerita latar belakang Pinocchio di sebuah kota kecil antara Florence dan Castello. Pada saat itu, penulis Carlo Collodi sedang berlibur di musim panas Castello. Dia bertemu Giovanna Ragioneri, sedikit pirang gadis bermata biru. Ini adalah gadis yang menginspirasi karakter Peri Biru

0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design