Jumat, 13 Mei 2016

Sejarah Winnie The Pooh


Siapa sih yang tak kenal dengan tokoh-tokoh diatas "Winnie The Pooh and friends". Serial kartun ini diproduksi oleh Disney pada tahun 1960an. Tapi, tau kah kamu bahwa Winnie the pooh awalnya bukanlah kartun, tetapi dongeng yang ditulis oleh Alan Alexander Milne.

A.A. Milne terinspirasi dari boneka anaknya  Christoper Rubin Milne. Yang semakin diperkuat ketika A.A Milne dan anaknya pergi ke kebun binatang di London dan melihat ada beruang hitam yang lucu dengan nama Winniepeg.

Nama Winniepeg diambil dari nama kota dia berasal, dari situlah karakter Winnie muncul sebagai nama pendek Winniepeg. Sedangkan nama Pooh berasal dari  nama angsa di kebun binatang itu juga.

Cerita Winnie-the-Pooh mulai ditulis A. A Milne di rumahnya, Ashdown Forest, Sussex Timur, Inggris. Bab pertama Winnie-the-Pooh mulai dipublikasikan pada tahun 1925 yang dikemas dalam bentuk cerita natal di London's Evening News.

Satu tahun kemudian, cerita A.A Milne dengan karakter Winnie-the-Pooh beredar dalam bentuk buku "Winnie-The pooh" terbitan Methuen & Co.Ltd. Pada tahun 1928 terbit dalam judul "The House at Pooh Corner". Kemudian ada berapa puisi tentang Winnie-the-Pooh dalam buku cerita anak-anak yang berjudul "When We Were Very Young" dan "Now We Are Six". Keempat buku tersebut terdapat gambar ilustrasi cerita yang digambar oleh E. H. Shepard.

Pada tahun 1930, lisensi karakter Winne-the-Pooh dipegang oleh Stephen Slesinger. Karakter Pooh pun berkembang menjadi industri lisensi yang moderen. Kemudian pada tahun 1933, untuk pertama kalinya karakter Winney-the Pooh dan kawan-kawan tampil berwarna. Slesinger memberikan warna merah pada kaos Pooh. Selama 20 tahun, Slesinger memasarkan Pooh dan kawan-kawannya.

Setelah Slesinger meninggal usahanya dilanjutkan oleh sang instri, Shirley Slesinger Laswell. Barulah pada tahun 1961, lisensi Winnie-the-Pooh dipegang oleh Disney setelah Shirley menjual royaltinya ke Disney. Sejak tahun 1966 munculnya film Winnie-the-Pooh dan kawan-kawan yang diproduksi oleh Disney. Kini karakter Winnie-the-Pooh yang sangat menyukai madu makin mendunia dengan ragam cerita dan animasi yang sangat menarik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design