Selasa, 29 Maret 2016

Anak Itik Buruk Rupa

Pernahkah kamu mendengar dongeng itik buruk rupa ? Dongeng ini sebenarnya sudh cukup lama, namun masih menjadi kisah yang populer sampai saat ini. Dongeng anak itik buruk rupa ini diciptkan oleh Hans Cristian Anderson.

Dongeng ini berkisah tentang seekor anak itik yang baru saja lahir, namun sudah menimbulkan masalah karena dia berbeda. Semua saudaranya berwarna kuning keemasan dengan paruh jingga. Namun itik buruk rupa malah berwarna hitam lebih ke abu-abu.

Kedua orang tua itik buruk rupa pun bertengkar, sampai si bapak itik pergi meninggalkan keluarganya. Ibu itik yang masih bertahan nyatanya tak membuat keadaan jadi baik pula. Ibu itik dan semua saudara itik buruk rupa membencinya.

Karena sering mengalami penolakan dari keluarganya sendiri, akhirnya si itik buruk rupa pun pergi meninggalkan rumah demi mencari jati dirinya. Badannya yang masih kecil rasanya tak mampu menghadapi dunia yang besar ini sendiri. Namun itik buruk rupa tetap melanjmutkan niatnya untuk meninggalkan rumah.

Hari demi hari dilaluinya sendirian, dengan perasaan yang sedih. Banyak rintangan yang menghadang hingga itik buruk rupa pun putus asa. Namun, saat itik buruk rupa mulai lelah mencari jmati dirinya, datang lah beberapa anak angsa menghampirinya. Dari situ itik buruk rupa menyadari siapa dirinya yang sebenarnya.

Akhirnya itik buruk rupa tinggal bersama keluarga barunya, keluarga angsa. Itik buruk rupa pun tumbuh menjadi angsa yang sangat cantik dan mempesona. Hingga suatu hari, si itik buruk rupa yang telah menjadi angsa yang sangat anggun bertemu dengan ibu itik dan saudara-saudaranya yang mengejeknya dulu.

Ibu itik dan semua saudaranya tak percaya, si itik buruk rupa dapat berubah menjadi angsa yang cantik dan sangat anggun. Dan berbeda dengan sebelumnya, kini itik buruk rupa sudah tak malu lagi bertemu dengan keluarganya.


"Dari sini kita dapat mempelajari bahwa, terkadang kita memang berada dalam situasi dimana semua orang mencemooh kita, menghina, menjelekkan, menjatuhkan kita. Tapi kita harus bisa bangkit, mencari tahu potensi dalam diri dan mengembangkannya sampai akhirnya semua terpukau dengan keahlian kita".
Begitu bagus dan memotivasi dongeng karya Hans Cristian Anderson ini sempat menjadi pengisi dalam salah satu serial kartun Walt Disney dengan judul Ugly Duckling.



1 komentar:

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design