Minggu, 06 Maret 2016

Jenis-Jenis Dongeng . . .

Tahu kah kamu . . .? Dongeng terbagi menjadi sembilan jenis, yaitu  mite, sage, fabel, legenda, parabel, cerita jenaka, cerita pelipur lara, dongeng biasa, dan dongeng berumus. Terkadang dalam satu dongeng terdapat lebih dari satu jenis atau unsur, sehingga tak jarang dongeng dapat masuk dalam dua golongan jenis.

  • Mite adalah jenis dongeng yang menceritakan kisah mengenai hal gaib. Hal gaib yang dimaksutkan disini antara lain seperti kisah para dewi, peri (sprookjes), dan tuhan atau kepercayaan (Keagamaan).

  • Sage adalah jenis dongeng yang menceritakan kisah tentang kepahlawanan,keperkasaan, atau kesaktian. Misalnya saja seperti kisah jaman kerajaan di Indonesia.

  • Fabel adalah jenis dongeng yang menceritakan kisah binatang yang bisa berbicara dan bertingkah layaknya manusia. Salah satu dongeng fabel yang melegenda adalah si kancil.

  • Legenda adalah dongeng yang menceritakan asal usul suatu daerah atau tempat. Misalnya Pertempuran Suro (ikan hiu) dan Boyo (Buaya) yang mengisahkan asal-usul kota Surabaya. Sebenarnya masih terjadi perdebatan mengenai legenda adalah dongeng, ada yang berpendapat bahwa legenda berbeda dengan dongeng karna memiliki kisah yang nyata (bukan berdasar imajinasi) sedangkan adapula yang berpendapat bahwa legenda adalah dongeng karna adakalanya muncul tokoh-tokoh yang tidak nyata.

  • Parabel adalah dongeng yang berkisah tentang perumpamaan yang didalamnya mengandung kiasan yang bersifat mendidik.

  • Cerita jenaka adalah dongeng yang berkembang dimasyarakat dengan cerita yang menghibur (komedi), sehingga dapat menimbulkan tawa saat didongengkan.

  • Cerita pelipur lara hampir sama dengan cerita jenaka yaitu bertujuan untuk menghibur (terdapat unsur komedi didalamnya), bedanya cerita pelipur lara lebih sering dibawakan oleh dalang menggunakan media wayang. Dalam dongeng ini biasanya berkisah tentang petualangan dan peperangan ksatria yang berakhir bahagia (kemenangan bagi pembela kebenaran dan kehancuran pada tokoh yang jahat).

  • Dongeng biasa adalah kisah yang ditokohi oleh manusia dan biasanya adalah menceritakan suka duka seseoarang, dan impian seseorang. Contoh dongeng ini adalah cinderella, ande-ande lumut, bawang merah bawang putih, dan banyak lagi.

  • Dongeng berumus adalah sebuah kisah yang mengalami pengulangan. Dalam jenis ini dibagi menjadi tiga subtipe yaitu dongeng kumulatif, dongeng mempermainkan orang, dan dongeng tanpa akhir.


Sedangkan menurut Thomson yang dikutip oleh Danandjaja, mengelompokan jenis dongeng kedalam empat golongan besar yaitu dongeng binatang, dongeng biasa, lelucon dan anekdot, serta dongeng berumus. Berikut penjelasan yang dikemukakan oleh Danandjaja terkait jenis dongeng yang dibagi dalam empat golongan besar oleh Thomson.
  • Dongeng binatang adalah dongeng yang ditokohi binatang peliharaan dan binatang liar, seperti binatang menyusui, burung, binatang melata (reptilia), ikan, dan serangga. Binatang-binatang itu dalam cerita jenis ini dapat berbicara dan berakal budi seperti manusia.
  • Dongeng biasa adalah jenis dongeng yang ditokohi manusia dan biasanya adalah kisah suka duka seorang.
  • Lelucon dan Anekdot adalah dongeng-dongeng yang dapat menimbulkan rasa menggelikan hati, sehingga menimbulkan ketawa bagi yang mendengarkannya maupun yang meneritakannya. Walaupun demikian bagi kolektif atau tokoh tertentu, yang menjadi sasaran dongeng itu, dapat menimbulkan rasa sakit hati.
  • Dongeng berumus adalah dongeng yang strukturnya terdiri dari pengulangan. Dongeng-dongeng berumus mempunyai beberapa subbentuk, yakni: a. dongeng bertimbun banyak (cumulative tales), b. Dongeng untuk mempermaikan orang (catch tales), dan c. Dongeng yang yang tidak mempunyai akhir (endless tales).

6 komentar:

  1. Banyak yaah kak jenis dongeng itu

    BalasHapus
  2. ada yang belum ditulis.cerita asal usul binatang,belum.misalnya cerita asal usul sapi bertanduk

    BalasHapus
  3. Ini penjelasan yang sangat lengkap. Saya suka ini. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ thank you somutch

    BalasHapus
  4. Syukron...lengkap jadi membantu saya dalam mengajar

    BalasHapus
  5. Ini sangat lengkap dan sangat membantu kami para siswa/siswi๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‡

    BalasHapus

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design