Kamis, 14 April 2016

Beberapa Sinopsis Dongeng Kancil

Ada banyak sekali dongeng tentang kancil, mulai dari kancil yang sombong hingga kancil yang bijaksana. Bila kita bahas satu per satu dongeng tentang kancil, maka tidak akan ada habisnya.

Karena dongeng jenis Fabel dengan kancil sebagai pemeran utama sangatlah banyak dikalangan masyarakat. Banyak cerita-cerita baru mengenai kancil, bahkan versi baru pada dongeng kancil yang lama pun semakin banyak dan berkembang dikalangan masyarakat. Mengingat orang tua bisa berkreasi sendiri dengan dongeng yang sudah ada disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan si anak.

Dongeng kancil yang diangkat menjadi serial kartun di malaysia kini dan juga hadir di Indonesia telah membuat kancil dikenal kembali. Untuk mengenal beberapa dongeng kancil lainnya, aku bakal kasih tau beberapa sinopsis dan video serial kartun kancil.

Sayangnya, dongeng yang beredar di masyarakat dan serial kartun kancil ada sedikit perbedaan, namun tetap memiliki konten cerita yang sama. Yukk. . . simak kisah kancil dibawah ini.


1. Kancil dan Harimau (Sabuk Sulaeman)


Harimau yang lapar bertemu dengan kancil, namun kancil yang cerdik meyakinkan harimau bahwa tubuhnya yang kecil tidak akan membuat harimau kenyang, maka kancil berniat untuk makan terlebih dahulu agar tubuhnya menjadi gemuk, tetapi harimau tidak boleh melihat karna kancil akan gugup dan membuatnya tak nyaman saat makan.


Sayangnya, saat harimau tak melihat kancil pun kabur dari harimau. Harimaupun langsung mengejar kancil, saat sudah bertemu bukannya bisa langsung memakan kancil, harimau malah ditipu lagi dengan kancil.

Kancil berkata bahwa dia sedang disuru baginda sulaeman untuk menjaga sabuk kesayangannya. Dan saat bersamaan kancilpun meyakinkan harimau untuk mencoba sabuk tersebut karena dirasa akan cocok dengan harimau yang gagah. Bodohnya harimupun langsung percaya dengan yang dikatakan kancil.

Padahal sebenarnya sabuk itu adalah ular yang sedang tidur. Karena terusik ular pun terbangun dari tidurnya dan langsung menyerang harimau. Harimau yang tak terima pun juga ikut melawan. Pertengkaran tersebut tak disia-siakan oleh kancil, kancil pun berlari sekencangnya untuk menghindari harimau


2. Kancil Yang Bijaksana Menolong Kerbau



Pada siang yang terik, kancil merasa haus, akhirnya kancil pun memutuskan untuk pergi ke sungai untuk mengambil air minum. Saat kancil asyik menghilangkan dahaganya, tiba-tiba kancil mendengar ada suara teriakan minta tolong.


Kancil langsung menemui sumber suara, ternyata itu adalah suara kerbau yang kakinya sedang digigit oleh buaya. Anatara kerbau dan buaya saling tuduh satu sama lain. Karena kerbau berniat membantu buaya yang tertimpa batang pohon, dan buaya menagih janji kerbau yang bilang bahwa dia akan tulus membantu buaya saat ini.

Kancil yang bingung meminta kejelasan dari keduanya dengan cara mengulang kejadian yang sebenarnya di mulai dari buaya yang tertimpa batang pohon. Namun, nasib buruk bagi buaya, karna bukannya mendapat makanan malah di tinggal oleh kerbau dan kancil dalam keadaan tertimpa batang pohon.


3. Kancil Bijaksana Menjadi Hakim



Disebuah hutan tinggal banyak hewan, salah satunya adalah pak musang. Semua hewan dihutan mencari makannanya sendiri, namun berbeda dengan pak musang. Dia mendapatkan makanan dengan cara menipu hewan yang lainnya.

Semua hewan sudah geram dengan tingkah pak musang, namun tak ada yang bisa melakukan apapun. Hingga akhirnya Monyet pun terkena tipu daya pak Musang juga. Pak musang mengambil semua makanan milik monyet dan berjanji bahwa makanannya akan menjadi berkali-kali lipat setelah dua bulan.

Namun ternyata dua bulan yang dimaksut oleh pak musang dan dua bulan yang dimaksut monyet berbeda. Monyet yang tidak terima akhirnya meminta pertolongan pada kancil untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Dibuatlah sebuah suasana layaknya sedang di persidangan, dan disaksikan oleh semua hewan yang ada di hutan dengan saksi mata adalah para korban.Dengan kecerdikannya kancil pun bisa membuktikan bahwa pak musang itu salah dan harus mendapat hukuman. 



0 komentar:

Posting Komentar

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design