Sabtu, 05 Maret 2016

Apasih Dongeng itu . . . ?


Nahhh, di kesempatan yang lalu aku sudah memposting dua judul dongeng karyaku sendiri. Sekarang mari kita bahas apa sih dongeng itu . . . ?

Dongeng merupakan cerita sederhana yang turun temurun dari nenek moyang. Selalu ada unsur pesan moral atau pesan yang mendidik didalam dongeng yang ada, sebenarnya bukan hanya unsur pesan moral atau pesan yang mendidik saja namun juga ada unsur menghibur. Dalam pengertian lain, dongeng juga bisa dikatakan sastra lama, yang ceritanya penuh dengan cerita khayal atau baiasa di sebut fiksi. Oleh sebab itu cerita dalam dongen itu sepenuhnya dipercayai oleh masyarakat luas.




Dongeng dapat disebar-luaskan ke berbagai tempat, yang kemudian isi cerita akan disesuaikan dengan kondisi di daerah setempat. Oleh karna itu, terkadang kita dapat menemui dongeng yang memiliki kesamaan konsep atau isi cerita di wilayah lain namun dengan judul yang berbeda dan kompisisi peran pemain juga berbeda.

Perbedaan judul dan komposisi pemain biasanya dipengaruhi oleh nilai, kepercayaan serta adat istiadat di daerah tersebut. Adanya dongeng yang sama di wilayah lain disebabkan mudahnya penerimaan cerita oleh masyarakat, hal ini karena cerita dalam dongeng bersifat umum, cerita dalam dongeng hampir ada diseluruh penjuru dunia. Kejadian-kejadian dalam dongeng juga menjadi impian banyak orang.



Agus Trianto menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia Untuk SMP dan MTS Kelas VII -Jilid 1". Biasanya, suatau dongeng memiliki tema seperti antara lain :


  • Moral tentang kebaikan yang selalu menang melawan kejahatan.
  • Kejadian di masa lampau di suatu tempat yang jauh sekali.
  • Tugas yang tak mungkin dilaksanakan.
  • Mantra ajaib, yaitu mantar yang dapat mengubah orang menjadi binatang atau yang lainnya.
  • Daya tarik yang timbul melalui kebaikan dan cinta.
  • Pertolongan yang diberikan untuk orang baik, dsb.
Dongeng memiliki ciri khas yaitu diceritan dengan alur yang sederhana. Penulisan dongeng ditulis dalam alur cerita yang singkat dan bergerak cepat. Saat menceritakan atau menulis dongeng biasanya karakter tokoh tidak diceritakan secara rinci. Dongeng biasanya ditulis seperti gaya penceritaan secara lisan. Serta pendahuluan dalam cerita sangat singkat dan lansung pada topik yang ingin diceritakan.

TERIMA KASIH . . .

2 komentar:

  1. Waah jdi tambah ngerti nih kak soal dongeng

    BalasHapus
  2. Waaah jadi tau gue. Gue gatau dongeng itu apaaa. Hmmm

    BalasHapus

 

DONGENG Template by Ipietoon Cute Blog Design